THE PAPERBOY


Sineas yang meraih banyak pujian lewat karyanya Precious (2009), Lee Daniels kembali ke bangku penyutradaraan setelah rehat selama kurang lebih tiga tahun. Jika dalam Precious, Daniels berbicara mengenai kekerasan dan rasisme, kali ini ia mencoba peruntungannya dengan menggarap sebuah film bertemakan pembunuhan, seks dan jurnalisme. Film panjang ketiganya itu berjudul The Paperboy. 

Dikisahkan Ward James (McConaughey) seorang jurnalis surat kabar “Miami Times” harus kembali ke kampung halamannya di kota kecil Florida setelah ia mendapat tugas untuk meliput kasus seorang tahanan bernama Hillary Van Wetter (Cusack) yang didakwa membunuh sheriff kota tersebut. Melihat barang bukti yang ada, James menduga ada kemungkinan bahwa Wetter bisa jadi tidak bersalah. Dibantu oleh adiknya, Jack (Efron) dan rekannya Yardley (Oyelowo), mereka mencari bukti-bukti yang bisa memperkuat dugaan James. Namun saat tunangan Wetter, Charlotte Bless (Kidman) berkunjung ke kediamannya, keadaan mulai berubah menjadi rumit.

Film berdurasi 101 menit ini dibuat berdasarkan novel buah karya penulis Amerika, Pete Dexter yang berjudul sama. Meski mengambil jalan cerita yang kurang lebih sama, namun Daniels memodifikasi beberapa bagian di novelnya dengan pendekatannya sendiri. Salah satunya adalah dengan mengganti karakter bernama Yardley Acheman menjadi orang kulit hitam di mana dalam novelnya sendiri ia adalah seorang kulit putih. Perubahan ini dimaksudkan Daniels untuk memberi elemen rasisme sebagai tensi dalam kisahnya.

Film produksi Millenium Films ini terpilih masuk di ajang festival film bergengsi, Cannes Film Festival 2012 dan mendapatkan nominasi Palm d’Or (Best Film). Meski mendapatkan penilaian yang beragam dari para kritikus, namun mayoritas kritikus jatuh hati pada performa Kidman yang dinilainya sebagai salah satu penampilan terbaik Kidman di layar lebar. Berperan sebagai Bless, Kidman mampu tampil seksi, lucu sekaligus rapuh.  

Distributor: Millenium Entertainment
Cast: Nicole Kidman, Zac Efron, Matthew McConaughey, Macy Gray, John Cusack, David Oyelowo
Director: Lee Daniels
Screenwriter: Lee Daniels
Genre: Drama/Romance
Rating: R for strong sexual content, violence and language
Running time: 106 min.
Release date: October 5, 2012

0 komentar:

Posting Komentar